Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number LAPORAN LK-06
Collection Type LAPORAN LAYANAN KONSULTASI
Title Evaluasi Rekomendasi Perbaikan Process Flow Pinjaman Retail pada Sistem Back Office: Studi Kasus Perusahaan Fintech PT XYZ
Author Abhirama Budiawan;
Publisher
Subject
Location
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
LAPORAN LK-06 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51634
ABSTRAK

Nama:Abhirama Budiawan Program Studi:Magister Teknologi Informasi Judul:Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Process Flow Pinjaman Retail pada Sistem Back Office: Studi Kasus Perusahaan Fintech PT Investree Radhika Jaya Pembimbing : Harry Budi Santoso, S. Kom., M. Kom., Ph. D. Dr. Panca O. Hadi Putra, B. Sc, M. Bus

PT Investree Radhika Jaya merupakan salah satu perusahaan financial technology atau dapat disebut dengan fintech dengan kategori P2P Lending. PT Investree Radhika Jaya ini memberikan layanan jasa berbentuk pinjam meminjam yang dikhususkan bagi para borrower individu atau institusi produktif yang sedang membutuhkan dana untuk membangun bisnis mereka. Salah satu bidang yang dicakup oleh PT Investree Radhika Jaya ini adalah bidang retail yang memfokuskan pada UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah. Pinjaman pada bidang retail ini tergolong unik karena memiliki limit pinjaman yang kecil dan jumlah borrower yang banyak. Dengan jumlah borrower dan pengajuan pinjaman yang banyak, tentunya akan memengaruhi processing time dari proses bisnis yang ada. Masalah timbul karena sistem pada PT Investree Radhika Jaya ini masih menggunakan proses manual, dimana walaupun sudah 100% menggunakan website akan tetapi masih membutuhkan proses pengecekkan secara manual oleh user. Hal ini tentunya akan memperlambat processing time dari pengajuan pinjaman. Dalam penelitian ini akan menggunakan konsep business process reengineering atau BPR dengan bantuan UML activity diagram dalam melakukan analisis serta perancangan perbaikan proses pengajuan pinjaman saat ini, metodologi agile scrum dalam perancangan pengembangan hasil perbaikan process flow serta menggunakan skenario uji coba untuk melakukan uji coba dari hasil perbaikan process flow yang baru. Penelitian ini akan menggunakan metode mixed method antara kualitatif dengan kuantitatif. Data-data yang akan digunakan berupa hasil wawancara dengan Product Manager dan Relationship Manager, data processing time pengajuan pinjaman, dokumen process flow saat ini, serta visi, misi dan target pengembangan pada tahun 2022. Hasil penelitian ini akan berupa hasil rekomendasi process flow baru yang memperbaiki process flow yang lama. Selain itu terdapat juga skenario uji coba untuk dilakukan uji coba hasil rekomendasi process flow yang baru untuk menemukan masalah dan untuk menguji processing time. Ditemukan bahwa terdapat tahap-tahap yang masih manual dan beberapa tahap yang memiliki sifat redundansi. Sehingga dari tahap tersebut setidaknya terpilih enam tahap untuk diperbaiki ulang menjadi tiga tahap. Tahap tersebut diperbaiki dengan harapan untuk mempercepat processing time. Kata kunci: Fintech, P2P Lending, process flow, business process reengineering, scrum