Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2253 (Softcopy SK-1735)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Pengaruh Karakteristik Streamer, Kualitas Konten, dan Kualitas Platform Live Streaming Game terhadap Niat Keberlanjutan untuk Menonton dan Niat Bermain Game
Author Ahmad Randey Juliano Rasyid;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2024
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2253 (Softcopy SK-1735) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51699
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Ahmad Randey Juliano Rasyid Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Karakteristik Streamer, Kualitas Konten, dan Kualitas Platform Live Streaming Game terhadap Niat Keberlanjutan untuk Menonton dan Niat Bermain Game Pembimbing : Widia Resti Fitriani, S.Kom., M.Kom. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas live streaming meningkat secara drastis sebagai akibat dari pandemi COVID-19, terutama live streaming terkait game. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat keberlanjutan untuk menonton live streaming terkait game dan niat bermain game dengan menerapkan Flow Theory. Berdasarkan Flow Theory, niat keberlanjutan untuk menonton dipengaruhi oleh flow experience. Penelitian ini mengidentifikasi tiga kategori faktor utama yang memengaruhi flow experience, yaitu karakteristik streamer yang terdiri dari interactivity, streamer skills, dan social presence, kualitas konten live streaming yang terdiri dari entertainment dan informativeness, serta kualitas platform live streaming yang terdiri dari technology & functional quality dan security. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis pengaruh niat keberlanjutan untuk menonton live streaming terkait game terhadap niat bermain game yang dimainkan oleh streamer. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui survei. Analisis data dilakukan dengan menggunakan partial least square structural equation modeling terhadap data dari 470 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interactivity, social presence, entertainment, technology & functional quality, dan security memengaruhi flow experience, sedangkan streamer skills dan informativeness tidak memengaruhi flow experience. Selain itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa flow experience memengaruhi continuous watching intention, dan continuous watching intention memengaruhi play intention. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis kepada penelitian selanjutnya terkait live streaming, serta memberikan manfaat secara praktis kepada streamer, pengembang platform live streaming, dan perusahaan pengembangan game. Kata kunci: Live streaming, streamer, gaming, niat keberlanjutan untuk menonton, niat bermain, flow theory