Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number Dis-123 (Softcopy Dis-114)
Collection Type Disertasi
Title Pembelajaran Daring Adaptif untuk Mendukung Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Kerangka Kerja Komunitas Inkuiri di Perguruan Tinggi
Author Endina Putri Purwandari;
Publisher Depok, Fasilkom UI, 2024
Subject Online Education
Location
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
Dis-123 (Softcopy Dis-114) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 54620
ABSTRAK

Nama : Endina Putri Purwandari Program Studi : Doktor Ilmu Komputer Judul : Pembelajaran Daring Adaptif untuk Mendukung Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Kerangka Kerja Komunitas Inkuiri di Perguruan Tinggi Pembimbing : 1. Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. 2. Prof. Harry Budi Santoso S. Kom., M. Kom., Ph.D. Pembelajaran daring adaptif menekankan pada sistem yang mampu mengambil keputusan secara otomatis untuk mengakomodasi proses belajar, menyesuaikan konten, dan aktivitas pembelajaran mengikuti kebutuhan karakteristik individu. Penelitian ini bertujuan menghasilkan pembelajaran daring adaptif yang mendukung keterampilan berpikir kritis menggunakan kerangka kerja komunitas inkuiri di perguruan tinggi. Tahapan pengembangan sistem terdiri dari empat, yaitu (1) analisis studi literatur dan kesiapan awal kelas; (2) pengembangan model sistem; (3) pembangunan sistem berbasis daring dengan model desain instruksional ADDIE dan model pengembangan perangkat lunak sekuensial linier; (4) evaluasi hasil implementasi rancangan sistem dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan selama dua bulan dengan lima modul tentang Pemrograman Java. Kelas penelitian terbagi menjadi (1) uji skala terbatas; (2) kelas kontrol; dan (3) kelas eksperimen. Hasil analisis kesiapan awal kelas menunjukkan mahasiswa pengguna aplikasi telah siap mengonstruksi kerangka kerja komunitas inkuiri dalam pembelajaran daring. Analisis studi literatur menunjukkan taksonomi Bloom sebagai kerangka teori dan pengukuran pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Pengembangan sistem menghasilkan empat model yaitu model siswa, adaptasi, konten, dan instruksi. Komponen model adaptasi mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui (1) tingkatan materi; (2) aktivitas pembelajaran; (3) penilaian tes; dan (4) aturan variabel logika Fuzzy. Komponen model konten mengikuti kerangka kerja komunitas inkuiri terutama kehadiran kognitif. Aktivitas pembelajaran adaptif yaitu materi, video pembelajaran, materi pengayaan, tugas individu, tugas kelompok, kuis, contoh soal, dan forum diskusi. Hasil evaluasi implementasi menunjukkan SUS di skala terbatas dan kelas eksperimen berada pada tingkat baik. Hasil evaluasi usability menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi. Forum diskusi menggunakan kerangka komunitas inkuiri dapat menghasilkan kehadiran kognitif tertinggi pada komentar eksplorasi, kemudian integrasi, pemicu, dan resolusi. Hasil analisis statistik dan evaluasi seluruh komponen model menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menghasilkan model dan sistem pembelajaran daring adaptif yang menggunakan kerangka kerja komunitas inkuiri pada kehadiran kognitif. Kajian ini mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis di perguruan tinggi. Kata kunci: berpikir kritis, komunitas inkuiri, pembelajaran adaptif, pendidikan daring, perguruan tinggi.