Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK- 2386 (Softcopy SK-1868)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat Beli Pada Strategi Pemasaran Online Melalui Instagram Ads Pada Mahasiswa
Author Dwi Ayu Sekarini Pandjaitan;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2024
Subject Pemasaran Online
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK- 2386 (Softcopy SK-1868) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55350
ABSTRAK

Nama : Dwi Ayu Sekarini Pandjaitan Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Niat Beli Pada Strategi Pemasaran Online Melalui Instagram Ads Pada Mahasiswa Pembimbing : Prof. Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. Nilamsari Putri Utami S.Kom., M.Sc, M.Kom. Pandemi COVID-19 menyebabkan teknologi untuk berkembang pesat dan memaksa berbagai sektor untuk turut berubah mengikuti perkembangan, salah satunya adalah strategi pemasaran. Penggunaan media elektronik dan digital untuk pemasaran dan komunikasi mengalami peningkatan yang pesat. Di Indonesia, strategi pemasaran online tidak lagi menjadi sesuatu yang asing dilihat, terutama pada media sosial. Instagram dikutip sebagai salah satu platform media sosial terbesar di Indonesia dengan lebih dari 90 juta pengguna tidak melepaskan kesempatan ini dan menawarkan layanan pemasaran online yang dikenal sebagai Instagram ads. Penelitian ini dilakukan untuk memeriksa faktor apa saja yang memengaruhi niat beli konsumen pada pemasaran online melalui Instagram ads dengan fokus utama pada mahasiswa. Dengan responden sejumlah 149 responden yang berdomisili di DKI Jakarta dan sekitarnya, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram ads memiliki enam faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen. Faktor tersebut antara lain adalah tiga faktor yang memengaruhi secara langsung yaitu kemampuan konsumen mengingat iklan, click-through rates, sikap terhadap iklan dan tiga faktor yang memengaruhi secara tidak langsung melalui sikap terhadap iklan yaitu kredibilitas, hiburan, dan tingkat informasi yang ditawarkan dalam iklan. Dengan kata lain, Instagram ads mampu meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan sehingga dapat meningkatkan penjualan. Ditemukan bahwa iklan dengan konten yang informatif dan kredibel namun tetap menghibur mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan sehingga berpengaruh pula pada niat beli. Kata kunci: Instagram ads, online marketing, media sosial, mahasiswa