Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2388 (Softcopy SK-1870)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Sistem Conversational Search melalui Pendekatan User-Centered Design sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Penelusuran Hukum Praktisi
Author Alaida Arifah Zahra Akmal/ Rheina Elvaretta/ Salsabila Zahra Chinanti;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2024
Subject Sistem Conversational Search
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2388 (Softcopy SK-1870) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55380
ABSTRAK

Nama : Alaida Arifah Zahra Akmal, Rheina Elvaretta, Salsabila Zahra Chinanti Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Pengembangan Sistem Conversational Search melalui Pendekatan User-Centered Design sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Penelusuran Hukum Praktisi Pembimbing : Dr. Panca O. Hadi Putra, B.Sc., S.H., M.Bus., Adila Alfa Krisnadhi, S.Kom., M.Sc., Ph.D Indonesia merupakan negara hukum yang memiliki lebih dari 511 ribu perundang-undangan yang mengatur seluruh wilayahnya. Angka tersebut baru menunjukkan banyaknya peraturan perundang-undangan di Indonesia dan belum mencakup dokumen hukum lainnya. Bagi para praktisi hukum, hal ini membuat proses penelusuran hukum menjadi sangat kompleks dan memerlukan waktu yang tidak sedikit. Walaupun begitu, belum banyak sistem penelusuran hukum yang ada di Indonesia. Saat ini, penelusuran tersebut masih dilakukan secara manual dengan menggunakan search engine. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) sebagai basis data resmi untuk dokumen hukum yang ada di Indonesia hanya memberikan opsi pencarian sumber hukum secara spesifik. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan desain antarmuka interaktif dari ide solusi untuk sistem conversational search yang dapat membantu proses penelusuran hukum menjadi lebih cepat dan sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan user-centered design yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Pada perancangan desain antarmuka, tim peneliti menerapkan prinsip eight golden rules milik Schneiderman. Berdasarkan identifikasi kebutuhan pengguna yang dilakukan dengan user interview , comparative analysis, dan kajian studi literatur, didapatkan enam fitur utama yang akan didesain oleh peneliti untuk sistem conversational search ini, yaitu Fitur Mencari Sumber Hukum, Fitur Memastikan Kepatuhan Hukum, Fitur Memeriksa Kesesuaian Bahasa Hukum, Fitur Riwayat, Fitur Koleksi, dan Fitur Profil dan Autentikasi. Iterasi pertama menghasilkan sebuah high-fidelity prototype dan hasil evaluasinya yang didapatkan melalui Usability Testing (UT) dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa rata-rata pengguna memiliki tingkat keberhasilan dalam Usability Testing sebesar 94% dan skor SUS sebesar 75,33 yang tergolong dalam kategori B. Pada iterasi kedua, tim peneliti melakukan penyesuaian dan perbaikan berdasarkan saran yang didapatkan pada iterasi pertama. Hasil dari iterasi kedua adalah desain antarmuka berbentuk high-fidelity prototype dari sistem conversational search yang telah disempurnakan . Kata Kunci: Penelusuran hukum, praktisi hukum, conversational search, legal system, kecerdasan buatan, chatbot, user-centered design, usability testing, system usability scale.