Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-0233 (Softcopy T-0631)
Collection Type Tesis
Title Mengukur nilai ekonomis sistem marketing customer information file untuk mendukung: Customer Relationship Management dalam meningkatkan profitabilitas pada industri perbankan
Author Ardi Sama,;
Publisher Jakarta: Pascasarjana MTI UI, 2001
Subject Customer relationship management
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-0233 (Softcopy T-0631) 00/9189 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 7164
ABSTRAK

Persaingan antar bank semakin meningkat seiring dengan peningkatan usaha perbankan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah, meningkatkan keuntungan dan memperluas jangkauan pasar. Para manajer bisnis terus menerus mengambil keputusan bisnis berdasarkan pada informasi yang mereka dapat baik yang berasal dari internal maupun eksternal, untuk mencapai obyektif dari perusahaan. Krisis ekonomi yang melanda negara-negara di kawasan Asia termasuk juga Indonesia, telah mempengaruhi kinerja dunia perbankan. Langkah-langkah restrukturisasi maupun merging antar bank-bank di Indonesia dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan bisnis di masa krisis tersebut. Bagi bank, nasabh merupakan aset terbesar yang harus dipertahankan. Perubahan pasar yang cepat membutuhkan suatu sistem informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan strategis. MCIF (Marketing Customer Information File) dibentuk untuk mendukung CRM (Customer Relationship Management) dan membantu bank dalam meningkatkan profitabilitas. Tesis ini memfokuskan pada analisis perhitungan keuntungan-keuntungan, pengaruh ekonomis, tingkat strategis sistem serta pengaruh terhadap organisasi dengan menggunakan model porter, WCA Alter, metodologi IE Parker dan hasil penelitian Dyche. Data yang digunakan untuk analisis berasal dari buku-buku, referensi, whitepaper atau juga dari internet dengan asumsi-asumsi tambahan sebagai pelengkap analisis data.