Tidak ada review pada koleksi ini: 51544
ABSTRAK
Nama Penulis 1 / Program Studi : Hafiz Bhadrika Alamsyah / Sistem Informasi
Nama Penulis 2 / Program Studi : Nofaldi Fikrul Atmam / Ilmu Komputer
Nama Penulis 3 / Program Studi : Rezaldy Ahmad Maulana / Sistem Informasi
Judul : “Bikunku: Prototipe Penunjang Informasi Bus
Kampus untuk Meningkatkan Pengalaman
Pengguna dalam Mendapatkan Informasi Bus”
Pembimbing : Bayu Anggorojati, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Gladhi
Guarddin, S.Kom., M.Kom
Mekanisme perkuliahan di Universitas Indonesia (UI) yang kembali ke moda
pembelajaran tatap muka berdampak pada penyesuaian fasilitas di lingkungan kampus, salah
satunya dengan dioperasionalkannya kembali sarana transportasi bis kuning (bikun). Adanya
bikun sebagai sarana transportasi di lingkungan UI secara tidak langsung berdampak pada
manajemen waktu para sivitas akademika UI. Meskipun layanan bikun telah beroperasional
kembali, terdapat beberapa masalah yang dirasakan oleh pengguna layanan bikun seperti
ketidakpastian jadwal kedatangan bikun pada suatu halte, estimasi waktu kedatangan bikun,
jumlah bikun yang beroperasi serta informasi umum bikun lainnya. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna layanan bikun dalam
pengalaman mendapatkan informasi bikun serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe
Bikunku sebagai penunjang informasi bikun yang menjadi solusi atas permasalahan yang
ditemukan. Penelitian ini menggunakan proses desain UCD yang diintegrasikan dengan
metodologi SDLC waterfall yang terdiri atas enam tahapan utama yaitu requirements,
analysis, design, development, testing dan deployment. Hasil akhir prototipe Bikunku
menunjukkan bahwa prototipe dapat menjalankan 13 skenario UAT dengan sukses,
menunjang 100 concurrent request REST API selama 30 menit, menunjang 2000 concurrent
user ke WebSocket selama lima menit, serta memberikan response time REST API dengan
rata-rata 256ms. Hasil audit menggunakan lighthouse testing menunjukkan bahwa prototipe
Bikunku memiliki performance 76,4%, accessibility 80%, best practice 83%, serta SEO 83%.
Hasil evaluasi terhadap usability menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kendala
dalam menjalankan skenario penggunaan prototipe Bikunku. Hasil akhir prototipe Bikunku
telah mendapatkan angka SUS sebesar 80,42% yang masuk pada kategori “GOOD” yang
berarti prototipe sudah menghasilkan pengalaman yang baik diatas rata-rata bagi pengguna
layanan bikun.
Kata kunci: Bikunku, Bikun, Prototipe Penunjang Informasi Bus, User-Centered
Design, Metodologi Waterfall.