Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2215 (Softcopy SK-1697)
Collection Type Skripsi
Title Bikunku: Prototipe Penunjang Informasi Bus Kampus untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna dalam Mendapatkan Informasi Bus”
Author Hafiz Bhadrika Alamsyah Nofaldi Fikrul Atmam Rezaldy Ahmad Maulana;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2215 (Softcopy SK-1697) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51544
ABSTRAK Nama Penulis 1 / Program Studi : Hafiz Bhadrika Alamsyah / Sistem Informasi Nama Penulis 2 / Program Studi : Nofaldi Fikrul Atmam / Ilmu Komputer Nama Penulis 3 / Program Studi : Rezaldy Ahmad Maulana / Sistem Informasi Judul : “Bikunku: Prototipe Penunjang Informasi Bus Kampus untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna dalam Mendapatkan Informasi Bus” Pembimbing : Bayu Anggorojati, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Gladhi Guarddin, S.Kom., M.Kom Mekanisme perkuliahan di Universitas Indonesia (UI) yang kembali ke moda pembelajaran tatap muka berdampak pada penyesuaian fasilitas di lingkungan kampus, salah satunya dengan dioperasionalkannya kembali sarana transportasi bis kuning (bikun). Adanya bikun sebagai sarana transportasi di lingkungan UI secara tidak langsung berdampak pada manajemen waktu para sivitas akademika UI. Meskipun layanan bikun telah beroperasional kembali, terdapat beberapa masalah yang dirasakan oleh pengguna layanan bikun seperti ketidakpastian jadwal kedatangan bikun pada suatu halte, estimasi waktu kedatangan bikun, jumlah bikun yang beroperasi serta informasi umum bikun lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali masalah dan kebutuhan pengguna layanan bikun dalam pengalaman mendapatkan informasi bikun serta mengembangkan dan mengevaluasi prototipe Bikunku sebagai penunjang informasi bikun yang menjadi solusi atas permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan proses desain UCD yang diintegrasikan dengan metodologi SDLC waterfall yang terdiri atas enam tahapan utama yaitu requirements, analysis, design, development, testing dan deployment. Hasil akhir prototipe Bikunku menunjukkan bahwa prototipe dapat menjalankan 13 skenario UAT dengan sukses, menunjang 100 concurrent request REST API selama 30 menit, menunjang 2000 concurrent user ke WebSocket selama lima menit, serta memberikan response time REST API dengan rata-rata 256ms. Hasil audit menggunakan lighthouse testing menunjukkan bahwa prototipe Bikunku memiliki performance 76,4%, accessibility 80%, best practice 83%, serta SEO 83%. Hasil evaluasi terhadap usability menunjukkan bahwa responden tidak memiliki kendala dalam menjalankan skenario penggunaan prototipe Bikunku. Hasil akhir prototipe Bikunku telah mendapatkan angka SUS sebesar 80,42% yang masuk pada kategori “GOOD” yang berarti prototipe sudah menghasilkan pengalaman yang baik diatas rata-rata bagi pengguna layanan bikun. Kata kunci: Bikunku, Bikun, Prototipe Penunjang Informasi Bus, User-Centered Design, Metodologi Waterfall.